sumber : http://www.teknologinet.com/2008/10/browser-opera-bergabung-dengan-symbian.html

Developer browser Opera melakukan kerja sama dengan Symbian Foundation. Tambahan Opera pada daftar nama Symbian Foundation mengikuti keterlibatan oleh perusahaan seperti Acrodea, Brycerm HI Corp, Ixonos, KTF, Sharp dan TapRoot System.

Menurt Opera Chief Executive, Jon Von Tetzchner, Symbian merupakan satu dari perusahaan pertama yang mendukung visi Opera tentang bagaimana web suatu hari dapat ditemukan pada perangkat apapun. Kini visi tersebut akan menjadi sebuah kenyataan. Pihak Opera telah melihat kesempatan untuk bergabung dengan Symbian Foundation dan membantu melancarkan evolusi dalam memimpin sistem operasi mobile.

Anggota Symbian Foundation terakhir terdaftar pada bulan Juli sebelumnya adalah perusahaan terkemuka, diantaranya: Nokia, Motorola, AT&T, NTT, DoCoMo, Samsung, Sony Ericsson, STMicroelectronics, Texas Instrument dan Vodafone.

Pada hari yang sama dengan pengumuman bergabungnya Opera dengan Symbian, Opera juga mengumumkan bahwa Opera juga melakukan kerja sama dengan nVIDIA untuk membangun sebuah web browser Opera versi 9.5 yang lebih baik ke manufaktur processor graphic Tegra, yang dimaksudkan untuk menemukan cara memasuki perangkat mobile-computing Windows Mobile dan Windows CE.

Iklan